Jumat, 06 Desember 2013

FLA Gerbang Bantaeng Gelar Kegiatan Diseminasi



Bantaeng (21/2 RBM). 
Forum Lintas Aktor Gerakan Masyarakat Membangun atau disingkat (FLA Gerbang) Bantaeng bekerjasama dengan YAPPIKA Jakarta menyelenggarakan Kegiatan Diseminasi Hasil Indeks Masyarakat Sipil pada hari Sabtu (19/2), di Gedung Pertiwi Bantaeng.
Kegiatan ini diikuti sejumlah Organisasi Masyarakat Sipil (organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, komunitas penggiat seni dan Lembaga Swadaya Masyarakat) se kabupaten Bantaeng.Forum Lintas Aktor Gerakan Rakyat Membangun Bantaeng disingk at FLA Gerbang Bantaeng, merupakan Forum Belajar Bersama aktor-aktor lokal Bantaeng yang memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap kemajuan pembangunan Bantaeng khususnya dalam mempraktekkan dan mempromosikan prinsip-prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas, kesetaraan gender, keadilan sosial dan demokratisasi.
Menurut Koordinator FLA Bantaeng, Abd. Rahman Ramlan, kegiatan Diseminasi Hasil Indeks Masyarakat Sipil yang diperuntukkan bagi Organisasi Masyarakat Sipil merupakan sebuah upaya dan strategi FLA untuk melibatkan Organisasi Masyarakat Sipil di kabupaten Bantaeng dalam mendorong percepatan perwujudan Visi Tata Kepemerintahan Lokal yang Demokratis (TKLD) di kabupaten Bantaeng.
Oleh karena itu hasil dari kegiatan tersebut akan dibawa ke kegiatan Diseminasi selanjutnya yang ditujukan kepada pihak eksekutif, legislatif, dan pihak swasta, sehingga Visi TKLD semakin meluas dipahami dan dipraktekkan oleh semua kalangan.
Indeks Masyarakat Sipil (IMS) merupakan sebuah alat untuk memotret kondisi dan peran aktor Masyarakat Sipil di kabupaten, dan pemanfaatan IMS tidak sekedar menghasilkan dokumen kegiatan tetapi juga membuat suatu perubahan baru pada cara pandang para aktor di kabupaten dalam membangun daerahnya
Adapun narasumber kegiatan tersebut berasal dari OMS lokal Bantaeng yang selama ini bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng dan disupport oleh ACCESS AusAID, yakni dari Yayasan Jalarambang Indonesia (YAJALINDO) untuk Program Perencanaan dan Penganggaran yang Partisipatif, Yayasan Karaeng Opu (YASKO) untuk Program Pelayanan Publik yang bermutu, Jaringan Masyarakat Sipil (JARINGMAS) untuk program pengembangan ekonomi lokal melalui pendampingan BUMDes, serta LED Lolo Gading untuk Program Bantaeng Hijau Bersih.
Para narasumber juga membawa Produk Diseminasinya seperti booklet, leaflet, poster, dan sticker yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Bantaeng dan dibagikan kepada seluruh peserta yang hadir.
Sedangkan narasumber pembanding dari SKPD-Mitra Strategi OMS yakni dari Sekretaris Bappeda diwakili oleh Asruddin,S.IP, M.Si dan dari Kabid BPMPD diwakili oleh Harmoni,S.Sos,M.Si.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Bantaeng yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sosial kemasyarakatan Ir.Abd Rasyid yang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena memberikan satu cara pandang baru bagaimana membangun sinergitas dan kolaborasi antara Pemerintah, Masyarakat Sipil dan pihak Swasta dalam rangka mendorong Tata Kepemerintahan Lokal yang Demokratis yang menjunjung nilai-nilai partisipatif, transparansi, akuntabilitas, kesetaraan gender, keadilan social dan tegaknya demokrasi menuju Bantaeng Mandiri. (Agus)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar