Rabu, 19 Maret 2014

AKSES JALAN USAHA TANI YANG LEBIH BAIK



Bonto Tangnga, (RBM), (8/2/2014) Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-Mandiri Peredesaan) sejak tahun 2009 sampai dengan saat ini, selain melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas dan pemberian modal usaha bagi kelompok perempuan, juga
telah banyak melaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur di tingkat desa.
Salah satu lokasi Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-Mandiri Perdesaan) adalah Desa Bonto Tangnga, Kecamatan Ulu Ere, Kabupaten Bantaeng. Didesa Bonto Tangnga, telah dibangun Jalan Rabat Beton pada awal masuknya program PNPM-Mandiri Perdesaan yaitu tahun 2009, dan sampai dengan saat ini masih sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya bagi para petani.
Bohari (29), salah satu warga desa Bonto Tangnga Dusun Bungung Barua, mengungkapkan bahwa, dengan adanya pembangunan peningkatan jalan usaha tani, maka untuk mengangkut hasil produksi pertanian setiap kali panen, bukan lagi merupakan sebuah kendala yang dihadapi saat ini.
Selain itu, dengan adanya akses jalan usaha tani yang lebih baik, maka para petani di Desa Bonto Tangnga sudah tidak menggunakan tenaga hewan peliharaan mereka (kuda_red) untuk mengangkut hasil pertanian. Saat ini, ternak kuda lebih difokuskan pada pemeliharaannya sebagai usaha sampingan dari setiap petani yang ada di Desa Bonto Tangnga.
Sedangkan untuk tahun 2014, Desa Bonto Tangnga mendapatkan peningkatan jalan usaha tani melalui kegiatan Rabat Beton berlokasi di Dusun Talakaya, melalui pendanaan dari PNPM-Mandiri Perdesaan Reguler.
Berdasarkan informasi dari Sekretaris Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Desa Bonto Tangnga, Baso Bakkara (26), mengungkapkan bahwa Usulan peningkatan jalan usaha tani/ Rabat Beton tahun ini yang volumenya kurang lebih 1 kilometer, didasarkan pada hasil usulan pada kegiatan musrenbang campuran tahun 2013, yang telah melalui proses verifikasi, oleh Tim Verifikasi Kecamatan Ulu Ere.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan agar setiap petani di Desa Bonto Tangnga dapat menikmati akses jalan usaha tani yang lebih baik, yang berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum, sesuai dengan tujuan dari Program PNPM-Mandiri Perdesaan ungkap Baso Bakkara. (SI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar