Rabu, 19 Maret 2014

Sosialisasi Pra Musrenbang Kecamatan Ulu Ere Tahun 2014



Bantaeng (RBM) - Kegiatan Sosialisasi Pra Musrenbang Tingkat Kecamatan Ulu Ere dilaksanakan pada hari Jum’at (27/12/2013). Pelaksanaan sosialisasi pra-musrenbang difasilitasi oleh Komisioner Forum Delegasi Musrenbang (FDM), Hartuti dan Mahmuddin.
Acara ini dihadiri oleh Nurdin Halim, Anggota DPRD Kab. Bantaeng, Hanura Thalib, Fasilitator Kabupaten PNPM-Mandiri Perdesaan Kab. Bantaeng, Kepala Desa se-Kecamatan Ulu Ere, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan pelaku PNPM-Mandiri Perdesaan ditingkat desa dan kecamatan serta beberapa perwakilan SKPD ditingkat kabupaten.
Kegiatan Sosialisasi Pra-Musrenbang Tingkat Kecamatan Ulu Ere, dibuka secara resmi oleh Camat Ulu Ere (Ali Imran).
Kegiatan Pra-Musrenbang Tingkat Kecamatan ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman serta informasi awal kepada seluruh stakeholder yang ada baik di tingkat desa maupun di tingkat kecamatan dalam proses pelaksanaan musrenbang di tahun 2014.
Dalam kesempatan itu pula, Hanura Thalib, Faskab PNPM-Mandiri Perdesaan menyampaikan program kerja PNPM-Mandiri Perdesaan di Tahun 2014, serta menyampaikan evaluasi hasil kegiatan program PNPM-Mandiri Perdesaan di tahun 2013.
Dalam penyampaiannya (Hanura Thalib_Red) mengkritik proses pelaksanaan kegiatan disetiap desa yang belum selesai 100%, padahal dana telah siap. Diharapkan agar pelaku baik di tingkat desa maupun kecamatan agar senantiasa dapat menyelesaikan kegiatan yang ada disetiap desa sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Apabila kegiatan tersebut tidak selesai tepat pada waktunya, maka bisa saja desa yang belum menyelesaikan kegiatan di tahun 2013 mendapatkan sanksi yang berlaku di PNPM-Mandiri Perdesaan (sanksi program dan sanksi hukum) atau sanksi lokal yang telah disepakati.
Untuk tahun 2014 , alokasi dana PNPM-Integrasi di Kabupaten Bantaeng sebesar Rp. 4 Miliar rupiah, sedangkan untuk PNPM-Reguler untuk Kecamatan Ulu Ere sebesar Rp. 600.000.000. Dilihat dari alokasi anggaran PNPM Reguler khusus Kecamatan Ulu Ere, memang mengalami penurunan yang signifikan, hal ini disebabkan karena Kecamatan Ulu Ere sudah tidak termasuk dalam kategori kecamatan miskin dan tertinggal.
Dalam pelaksanaan Sosialisasi Pra Musrenbang ini, banyak peserta yang hadir kecewa dengan ketidak-hadiran perwakilan disetiap SKPD yang ada di Kab. Bantaeng. Dari sekian banyak SKPD yang ada, hanya perwakilan Kesbang Linmas dan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (Badan KB dan PP) melalui kepala UPTB-nya. (Si)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar