Rabu, 24 September 2014

EVALUASI KEGIATAN OLEH RBM BANTAENG



Setelah Pelaksanaan Pelatihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan LPM di Ruang Pola Bupati Kabupaten Bantaeng. RBM yang di Ketuai oleh Ramlan meminta agar Devisi TPM melakukan Evaluasi Kepanitian sekaitan dengan progres kegiatan tersebut. Rapat Evaluasi yang dilakukan disekretariat RBM (BTN lamalaka) ini dipimpin langsung oleh Amiluddin (Personil Devisi TPM).

Rapat evaluasi ini penting dilaksanakan karena kita ingin ada proses-proses pembelajaran bagi setiap orang yang terlibat dalam berbagai momen kegiatan, tentunya rapat evaluasi ini tidak berposisi sebagai momen untuk mencari kesalahan dan menghakimi pelaksana, akan tetapi kegiatan ini diposisikan sebagai bagian dari proses belajar di Ruang Belajar Masyarakat (RBM).

Point-point yang dibicarakan dalam pertemuan ini adalah mengidentifikasi proses-proses yang sudah sesuai dengan perencanaan dan menggali peramasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh panitia sebagai bagian dari pembelajaran pada kegiatan yang akan datang.

Berselang kurang lebih 3 jam pertemuan dilaksanakan dan dapat menghasilkan beberapa poin teridentifikasi sebagai pembelajaran sebagai berikut :

1.      Perencanaan Anggaran dan tahapan Kegiatan seharusnya sedini mungkin dipersiapkan dan disepakati oleh berbagai pihak yang berkepentingan agar tidak membebani UPK sebagai pihak pendukung utama kegiatan.
2.     Bagi Panitia seharusnya mendesai jadwal kegiatan agar dapat mengontrol proses dan capaian dari setiap tahapan persiapan penyelenggaraan kegiatan.
3.    Seharusnya ada Jobdes yang terarah bagi setiap Panitia dan Personil  Pendukung lainnya.
4.    Seringnya molor kegiatan akit dari tidak kosistensnnya peserta dan fasilitator terhadap kesepakatan kelas yang telah dirumuskan
5.    Pengelola dana DOK masing-masing kecamatan masih belum memerankan fungsinya dengan baik
6.  Seharusnya draft RAB sudah disampaikan kemasing-masing kecamatan sebelum pelaksanaan kegiatan.
7.      TPM yang dimandatir oleh RBM masih belum aktif dalam melaksanakan tugasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar