Selasa, 23 September 2014

FORUM DELEGASI MUSRENBANG (FDM) KABUPATEN BANTAENG IKUTI TOT





FORUM DELEGASI MUSRENBANG (FDM) KABUPATEN BANTAENG IKUTI TRAINING OF TRAINER (TOT)
Badan Perencanaan Pembangunan (BAPPEDA) Kabupaten Bantaeng menyelenggarakan Training Of Trainer (TOT) bagi Kader Perencana Pembangunan Daerah yang di ikuti oleh 16 (enam belas) orang peserta berasal dari 8 (delapan) Kecamatan di Kabupaten Bantaeng, di antaranya adalah 8 (delapan ) orang Komisioner Forum Delegasi Musrenbang (FDM) Kabupaten Bantaeng dan Kader Perencana Pembangunan yang di wakili oleh 1 orang dari masing-masing kecamatan di antaranya Kecamatan Uluere, Kecamatan Sinoa, Kecamatan Eremerasa, Kecamatan Bantaeng, Kecamatan Bissappu, Kecamatan Tompobulu, Kecamatan  Gantarangkeke dan Kecamatan Pa’jukukang.

TOT ini dilaksanakan pada hari jum’at (05/09/2014) sampai dengan minggu (07/05/2014) bertempat di Hotel Grand Town Makassar dengan tema “Menciptakan Kader Profesional Dalam Rangka Mewujudkan Perencanaan Yang Berkeadilan”. Training Of Trainer (TOT) di buka langsung oleh Bapak Sekretaris BAPPEDA Kabupaten Bantaeng (Abdullah, S.STP), dalam sambutan Kepala Bappeda (Abdul Wahab, M.Si) yang disampaikan oleh Sekretaris mengharapkan agar peserta betul-betul serius di dalam mengikuti kegiatan ini, sehingga apa yang di harapkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Bantaeng dapat terwujud, sebagaimana yang telah di terapkan di Kabupaten Bantaeng bahwa untuk memaksimalkan usulan prioritas yang lahir dari masyarakat melalui Musrenbang Desa maka satu desa satu usulan yang di realisasikan.

TOT ini dirancang bermaksud untuk memberikan pengetahuan, pendekatan, metodologi, dan keterampilan perencanaan yang diperlukan untuk memfasilitasi penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), khususnya untuk memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).
Adapun tujuan TOT adalah sebagai berikut : (1) Memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi fasilitator yang disertai dengan teknis dan metoda untuk memfasilitasi proses penyusunan dokumen perencanaan. (2) Memberikan pemahaman atas proses penyusunan rencana pembangunan tahunan daerah (RKPD,Renja SKPD, KUA, PPAS, RKA SKPD) dan mekanisme konsultasi publik (Musrenbang, Forum SKPD, FGD). (3) Memberikan pemahaman tentang teknik atau tata cara untuk meningkatkan kualitas konsultasi publik dalam perencanaan daerah (baik di tingkat kelurahan/kecamatan, kabupaten/kota, forum SKPD). (4) Mendapatkan masukan dari delegasi berkenaan dengan isu seputar penyusunan perencanaan tahunan daerah yang dihadapi dan ditemui di lapangan. (5) Mendapatkan masukan, komentar, dan saran untuk penyempurnaan pelaksanaan Musrenbang atau pun konsultasi publik dalam rangka penyusunan dokumen rencana tahunan.
Menurut Supriadi. HS, S.Pd (Ketua FDM) Kabupaten Bantaeng “Kegiatan TOT ini diharapkan mampu melahirkan kader-kader perencana di tingkat Kecamatan yang menjadi partner kerja Komisioner FDM di masing-masing kecamatan sehingga mampu mengakomodir kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang lahir dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang).

Dalam Pelaksanaan TOT, beberapa materi yang di sajikan oleh Panitia Pelaksana dalam hal ini adalah BAPPEDA Kabupaten Bantaeng, yang di anggap sesuai dengan kebutuhan peserta untuk memaksimalkan tugas dan fungsi baik sebagai Komisioner FDM maupun Kader Perencana, di antaranya adalah : Instrumen Hukum Sistem Perencanaan dan Penganggaran Daerah; (Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Muh. Marhum Latief, MM ), Analisis Anggaran dan Teknik Penetuan Pagu Indikatif (Andi Sugiarti MK, M.Si; Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan), Strategi dan Rencana Kerja Pendamping FDM Menuju Kader Profesional. (Sami Maryaman (Komisioner FDM Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat), Gambaran Umum arah kebijakan pembangunan daerah Kabupaten Bantaeng Tahun 2015; (Abdul Wahab, M.Si (kepala Bappeda Kabupaten Bantaeng)

Dilaporkan oleh : MAHMUDDIN (Komisioner FDM Kab. Bantaeng)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar